Pages

Daily GRAM

Instagram

2.3.12

Gorengan!


Abang gorengaaaa...n, jual tahu tempeeee, bakwan pisang ade, cireng, ubi, kue bola. Does anyone know that song? Hehehe, itu adalah petikan lagu Abang Gorengan by The Nunung CS.
Jumat sore, mendung-mendung, sambil ngeteh, tiba-tiba gw teringat tentang gorengan.

Ya! Gorengan, salah satu jajanan khas Indonesia. Dulu banyak tukang gorengan menjajakan gorengannya, dengan memanggul dan berjalan kaki keliling. Di sisi sebelah ada kompor & wajan dan di sisi satunya display gorengan yang bisa langsung dipilih pembeli. Kalau sekarang, lebih banyak tukang gorengan yang menggunakan gerobak, dan mangkal di kawasan sekitar sekolah, perkantoran, dan lainnya.

Dulu, gw inget waktu masih kecil, harga 1 pcs gorengan sekitar 100 rupiah, kalau sekarang ini, ada yang menjual 2000/3pcs, bahkan 1000/pcs. Pilihan gorengan pun bervariasi di setiap tukang gorengan, yang standard adalah : tahu, tempe, bakwan, singkong, pisang, dan ubi, yang lebih lengkap biasanya ada risol, combro, dan cireng, kadang ada juga yang jual pisang molen.

Kenapa gorengan begitu digemari? Simpel, karena murah, dan enak, hehehehe. Apalagi model gw, yang demennya asin & kriuk-kriuk. Tapi, pasti ada juga nilai minusnya, yaitu ga sehat! Seringkali minyak untuk menggorengnya dipakai berulang-ulang kali sampai butek warnanya, udah gitu bungkusannya berupa kertas bekas. Lebih parah lagi ada yang menggunakan plastik yang digoreng bersama gorengannya supaya hasilnya lebih renyah dan tahan lama. Serem yah.

Sekarang soal gorengan favorit, setiap orang pasti punya gorengan favoritnya. Kalo gw, udah pasti cireng! Tapi ga semua tukang gorengan cireng-nya enak sih. Salah satu tukang gorengan di belakang kantor cireng-nya cocok banget ma lidah gw, tapi tenang, jarang kok beli-nya. Cireng padahal cuma tepung yang digoreng, tapi kok bisa enak gitu yah (lebai). Kedua risol, tapi yang isinya banyak, kalo yang isinya cuma brapa helai bihun sih males banget. Ketiga combro, tapi yang pedes jangan yang manis. Kadang kalo lagi mood (beli gorengan aja pake mood) gw jg doyan tempe, ato singkong goreng.

Cireng & Combro

How about ya readers? What's your favorite gorengan?

11 komentar:

  1. combro, bakwan, dan tempe... hahahaha... uda lama banget ga makan gorengan...jadi pengen lagi nech setelah ngeliat foto-foto lu... hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mendingan jarang-jarang deh, makan berapa biji aja bisa ga enak lehernya :D

      Hapus
  2. gue paling suka risol, tahu isi, sama tempe. ga perna coba yg cireng hahaha duh jadi kepengen gorengaann~

    BalasHapus
  3. kalo gorengan gw demen tahu isi, tempe, pisang goreng sama ubi goreng ! ubi fav gw dah :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempe kalo masi garing enak, kriuk2 asin...tahu ga di semua tukang gorengan enak, kadang ada yang keras, asem, ato baunya aneh...-_-

      Hapus
  4. Suka beli gorengan di dekat martabak bandung (sebelah kiri jalan) bakwan, tempe, dan singkong keju enak. Sayang kagak ada combro disitu padahal doyan.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di daerah mana tuh?
      udah lama ga makan singkong keju, karena uda ga sebanyak dulu yang jualan :( sedihnyaaa...

      Hapus
    2. turunan greenville sebelah kiri disebrang perpustakaan

      Hapus
  5. Kangen....... pengen balik lagi.

    BalasHapus
  6. Please visit and follow my blog

    http://beforewehungry.blogspot.com

    Thank u,
    vebbi

    BalasHapus

Pieces of My Blog

review (230) food (228) seafood (78) chicken (69) rice (67) desserts (57) noodle (57) daily (56) Central Jakarta (55) pork (55) indonesian cuisine (52) beef (49) West Jakarta (45) italian cuisine (45) chinese cuisine (41) japanese cuisine (41) South Jakarta (40) cake (40) travel (40) pasta (39) american cuisine (28) dessert (27) chit chat (26) family (26) soup (26) korean cuisine (22) miscellaneous (21) ice cream (20) thoughts (20) Grand Indonesia (18) friends (18) North Jakarta (14) dim sum (14) duck (14) pizza (14) salad (14) Central Park (13) Plaza Indonesia (12) PIK (11) curhat colongan (11) kway teow (11) burger (10) singapore (10) singapore cuisine (10) steak (10) thai cuisine (10) indian cuisine (9) yogyakarta (9) South Korea (8) doodling (8) french cuisine (8) kopitiam (8) fashion (7) tex-mex cuisine (7) Gandaria City (6) Pacific Place (6) Puri Indah (6) Seoul (6) Taman Anggrek (6) chocolate (6) event (6) hotel (6) milk tea (6) ramen (6) Hong Kong (5) Serpong (5) all you can eat (5) looklet (5) malaysia (5) thailand (5) Mal Puri Indah (4) Taman Ratu (4) coffee shop (4) lamb (4) malaysian cuisine (4) meatball (4) pastry (4) phuket (4) snack (4) sushi (4) tea (4) Alam Sutera (3) Jeju (3) Kota Kasablanka (3) Lotte Shopping Avenue (3) Muara Karang (3) Senayan City (3) buffet (3) dutch cuisine (3) fast food (3) prayers (3) sandwich (3) senopati (3) vegetarian (3) Citywalk Sudirman (2) For Sale (2) NYOK (2) Panglima Polim (2) Sabang (2) Setiabudi One (2) Taiwanese Cuisine (2) coffee (2) curry (2) feed (2) idol (2) karawaci (2) mexican cuisine (2) mocktail (2) mood (2) mushroom (2) music (2) photoraphy (2) porridge (2) satay (2) spanish cuisine (2) wine (2) Bogor (1) Cisarua (1) FX (1) Femina (1) Femina FoodLovers (1) Juanda (1) Kuningan (1) Kuningan City (1) Living World (1) MKG (1) Mal Ciputra (1) Mangga Besar (1) PX Pavilion (1) Pesanggrahan (1) Plaza Senayan (1) Sentul (1) Slipi (1) Tebet Green (1) World Street Food Congress 2013 (1) art (1) bangkok (1) belgian cuisine (1) british cuisine (1) buka puasa (1) christmas (1) cocktail (1) croissant (1) delivery (1) diy (1) dream (1) fine dining (1) fish (1) foie gras (1) fruit (1) german cuisine (1) green ville (1) gusung macan (1) home-made cuisine (1) hotdog (1) kepulauan seribu (1) menteng (1) milkshake (1) mutton (1) penang (1) peranakan cuisine (1) pho (1) pulau balik layar (1) pulau bulat (1) pulau gosong (1) pulau harapan (1) pulau macan (1) pulau perak (1) ramadhan (1) rooftop (1) sausage (1) sekapur sirih (1) sekosani (1) shabu-shabu (1) song (1) stea (1) suki (1) supermarket (1) swiss cuisine (1) tempura (1) thamrin (1) tips (1) toast (1) turkey (1) tv (1) valentine (1) venison (1) vietnamese cuisine (1) yakiniku (1)