Pages

Daily GRAM

24.10.13

Kalaha @ The Wharf


Saya cukup jarang mampir ke daerah Ancol, dan kalaupun ke sana, hampir selalu untuk mampir makan di Bandar Djakarta. Kali ini saya mampir ke The Wharf dalam rangka makan gratis yang disponsori oleh seorang teman. Kami makan di The Wharf menggunakan voucher yang dibeli di salah satu website voucher yang paling terkenal.

The Wharf memilikki area indoor maupun outdoor. Areanya outdoornya menghadap langsung ke pantai, sedang untuk area indoornya terdiri dari 2 lantai yang ditata seperti suasana dermaga dan kapal.




Berikut beberapa makanan dan minuman yang kami coba waktu itu:

Blended Coffee (Almond) - IDR 35,000
Lychee Iced Tea- IDR 30,000

Blended Coffeenya agak tawar, mungkin kebanyakan esnya. Untuk Lychee Iced Teanya cukup banyak, rasanya seperti teh leci biasa, dengan 2 buah leci di dalamnya.

Crispy Golden French Fries - IDR 25,000

Menu ini hanya merupakan kentang goreng biasa, bisa juga ditambahkan keju dengan tambahan biaya. Ukuran kentangnya cukup besar, dan porsinya juga lumayan banyak.

Cream of Brocolli - IDR 35,000

I didn't put much expectation on this soup, but surprisingly it was good. Saya dan teman-teman saya menyukai soup ini, seperti cream soup biasa dengan brocoli di dalamnya, disajikan dengan garlic bread yang renyah dan gurih. Warm and tasty.

Pork Fillet Mignon - IDR 69,000

Pork Fillet Mignon dari The Wharf terdiri dari 4 potong pork tenderloin yang dililit dengan bacon dan disajikan dengan kentang goreng, brokoli, wortel, serta disiram dengan saus jamur. Dagingnya empuk, saus jamurnya juga sangat pas, I love this dish.

Croque Madame - IDR 75,000

Croque Monsieur - IDR 70,000

Kalau kita lihat dari 2 gambar di atas, untuk Croque Madame dan Croque Monsieur sebenarnya sangat mirip, terdiri dari 4 potong roti dengan 2 slice ham dan melted cheese di atasnya, serta disajikan dengan salad. Perbedaan dari kedua menu ini hanyalah ada telur goreng untuk Croque Madame.

Untuk rotinya menggunakan roti biasa, overall rasanya lumayan enak, cheesy and savory, tapi kalau untuk makan sendiri rasanya terlalu banyak. Saladnya manis, yang menurut saya kurang cocok dengan rotinya.

Old Fashioned The Wharf Burger - IDR 40,000

Menu ini berupa burger klasik yang berisi beef patty, salad, tomat, serta selembar keju cheddar, disajikan dengan kentang goreng.

Cake of The Day - Chocolate Ganache 

The cake was a bit too dry, and I didn't find something special with the taste.

Pancake Sampler - IDR 65,000

5 buah pancake mini dengan rasa yang berbeda-beda tersaji dalam 1 piring. Untuk rasa, nothing special, dan menurut saya tidak sebanding dengan harganya.

Penyajian makanan di The Wharf ini cukup lama, lebih dari setengah jam mungkin kami harus menunggu untuk makanan kami datang setelah memesan, dalam kondisi restoran tidak ramai. Dari soal harga, boleh dibilang sedang sampai mahal tergantung menu yang dipesan.

Sekedar tambahan dari sisi penggunaan voucher, di voucher ditulis untuk mereservasi 2 hari sebelum kedatangan, dan teman sayapun menelepon The Wharf untuk reservasi 2 hari sebelum hari-H. Namun sangat disayangkan, dari pihak The Wharf menyebutkan bahwa untuk hari dan jam yang disebutkan telah fully booked. Sedikit kesal teman saya lalu mengatakan bahwa dia pasti akan mengorder lagi makanan dan minuman selain yang sudah tertera di voucher, setelah itu barulah pihak The Wharf menerima reservasi teman saya. Guess what? Ketika kami datang pada jam tersebut, hampir tidak ada tamu yang makan, bahkan dua jam kemudian setelah kami pergi, tidak setengah restoran terisi.

Tips saya untuk semua restoran yang berani mengeluarkan promo diskon dalam bentuk apapun, perlakukanlah semua tamu baik yang membayar normal ataupun diskon sama rata, it's not like we are the one who pushed you to give us discount anyway :)

-------
Kalaha @ The Wharf
Ancol Beach City Lifestyle Mall LG-09
Jakarta Utara
Tel. (021) 29388108

22.10.13

Chinese Food Attack: Sentral - Golden Star - Haka

Anggota keluarga saya (kecuali saya) merayakan ulang tahun mereka pada waktu yang berdekatan, sehingga dalam jangka waktu berdekatan itu, restoran Chinese food menjadi tempat tujuan utama kami untuk makan bersama. Tiga tempat yang kami kunjungi adalah Sentral Tomang, Golden Star, serta Haka. Mari kita borong sekaligus pengalaman makan saya di ketiga restoran tersebut dalam post kali ini.

-------
Sentral
Jl. Tomang Raya No. 29, Tomang   
Tel. (021) 5681712 / (021) 5667766

Nama Central/Sentral sudah tidak asing lagi di kancah per-Chinese food-an di Jakarta. Dari saya masih piyik, restoran ini sudah berdiri. Sekarang restoran Sentral sedang direnovasi di bagian depannya, dan kala itu kami makan di gedung dekat dengan gedung lamanya, tempatnya lebih baru dan modern.

Berikut beberapa makanan yang kami pesan untuk merayakan ulang tahun ibu saya waktu itu:

Soup Jagung Asparagus Kepiting - IDR 35,000

Ini pesanan kakak saya, sepertinya wajib untuk dia memesan soup kepiting di restoran Chinese food manapun yang iya datangi. Soup di Sentral ini termasuk salah satu favoritnya. Saya sendiri tidak mencoba soup ini karena alergi kepiting :(


Bakmi Goreng Ulang Tahun (M) - IDR 60,000

Nah, kalau ada yang ulang tahun, pasti tahu kan menu wajib yang harus ada? Bakmi goreng ulang tahun! Mie goreng di Sentral ini termasuk salah satu mie goreng yang paling enak, dilengkapi dengan tulur puyuh goreng.

Sapo Tahu (M) - IDR 75,000

Menu yang hampir selalu dipesan juga kalau saya dan keluarga ke restoran Chinese food adalah Sapo Tahu! Sapo Tahu di Sentral ini juga enak, isinya seafood, sayur, dan tahu.

Lumpia Udang (S) - IDR 65,000

Malam itu kami juga memesan lumpia udang yang gurih dan rasanya lumayan enak. Kami memesan yang ukuran small, isinya ada 10 potong lumpia yang ukurannya tidak terlalu besar.

Gurame Panggang Saus Taiwan (S) - IDR 85,000

Salah satu menu spesial di Sentral adalah ikan panggang saus Taiwan. Malam itu kami memesan ikan gurame. Waktu penyajian ikan ini cukup lama, mungkin karena dipanggang. Untungnya penantian kami tidak sia-sia karena ikannya enak. Saus Taiwannya nikmat! Cocok sekali diaplikasikan ke ikan gurame.

Kingto Paikut (S) - IDR 80,000

Menu lain yang kami pesan adalah Kingto Paikut, yaitu iga babi goreng dengan bumbu. Rasanya manis, gurih, namun saya kurang puas dengan rasanya, seperti ada yang kurang.


Secara keseluruhan saya cukup puas dengan makan malam saya, hanya saja porsinya menurut saya kecil-kecil. Untuk tambahan kami juga memesan Nasi Putih (IDR 6,500+ per porsi), juga Chinese Tea (IDR 6,000+ per pax).



-------
Golden Star
Jl. Ratu Kemuning F1 No. 01 
Tel. (021) 5663955

Kali ini pas ulang tahun ayah saya, saya baru bisa sampai rumah cukup malam, karena itu kamipun memutuskan untuk makan di dekat rumah. Pilihanpun jatuh pada Golden Star yang terlihat merah menyala dari luar. Restoran ini masih terbilang baru, dibuka sekitar bulan Februari tahun ini.

Setelah melihat-lihat menu, kamipun memesan menu paketan, yang isinya seperti di bawah ini:


Salad Udang Buah

Salad ini tersaji di atas kerupuk mie berbentuk keranjang. Di bagian bawah terdapat berbagai macam buah segar yang dipotong kecil-kecil, dan diatasnya ada udang goreng tepung berbalur mayonaise. Rasanya enak, buah yang segar berpadu udang yang crunchy dilengkapi dengan mayonaise berbaur manis di mulut.


Sop Hisit

Sop Hisitnya juga enak, kuahnya kental, cenderung gurih dan asin, dilengkapi juga dengan telur dan jamur. 

Pocay 3 Telor

Untuk sayuran, kami mencoba Pocay 3 Telor. Sayur pocaynya ditumis dengan telur, sehingga lebih nikmat. Hampir-hampir pocaynya tidak terlihat karena tertutup timbunan telur.

Nila Tim Hongkong

Nila Tim Hongkongnya tersaji di atas mangkok kaca dengan api yang masih menyala di bawahnya agar tetap tersaji panas. Ikannya sedikit amis.

Rusa Lada Hitam

Sapi Lada Hitam sudah biasa, bagaimana dengan Rusa Lada Hitam? Rupanya daging rusa ini lebih nikmat dari sapi. Teksturnya lebih lembut, walaupun sekilas tidak jauh berbeda, apalagi ketika sudah dimasak seperti ini. Bumbu lada hitamnya sangat mencolok, enak juga dinikmati dengan kerupuk mangkoknya.

Selain menu yang saya bahas di atas, 5 nasi putih, 5 macam dessert (Kui Ling Kao, Pudding, Es Sarang Burung Walet), teh juga termasuk di dalam paket seharga IDR 488,000+ ini. Porsi makanan yang tersaji rata-rata ukuran S, yang kurang lebih cukup untuk dimakan 5 orang. Untuk rasa boleh dibilang lumayan, namun belum cukup istimewa untuk menjadi favorit saya.

-------
Haka
Jl. Batu Ceper No. 27, Pecenongan, 101220
Tel. (021) 3846758

Haka merupakan restoran Chinese Food yang sudah lama ada di daerah Pecenongan. Nama Haka sendiri diambil dari nama salah satu suku di Cina, sehingga restoran ini menyajikan Chinese food ala orang Haka. Walau kelihatan kecil dari luar, area Haka sebenarnya cukup luas, namun interiornya yang didominasi warna merah tidak terlalu menarik, terasa seperti restoran jadul. Walaupun begitu, Haka merupakan salah satu restoran favorit keluarga saya.

 Ayam Garam (1/2 Ekor) - IDR 65,000

Ayam Garam di Haka dapat dipesan 1 ekor utuh ataupun setengah ekor. Kami memesan 1/2 ekor, dan cukup untuk 5 orang. Rasa Ayam Garam Haka ini juara banget! Ayamnya lembut, bumbunya pas, rasanya nikmat dan gurih. Recommended.

 Babi Kuluyuk (S) - IDR 80,000

Babi Kuluyuk dalam ukuran small ini disajikan dengan tampilan yang menggugah selera. Walaupun ukuran small, namun isinya cukup banyak, dan rasanya pun memuaskan. Daging babinya digoreng tepung, dan dimasak dengan bumbu asam manis beserta dengan bawang bombay, paprika, wortel, juga nanas. Me love this porky dish!

 Gurame Tahu Tausi - IDR 90,000

Gurame Tahu Tausi-nya cukup enak, namun tidak istimewa menurut saya. Tahunya ada banyak, dilengkapi juga dengan daun wansui, mungkin untuk menetralisir rasa ikan yang agak amis. Sempat saya lihat meja tetangga memesan Gurame Asem Manis, nampaknya menu tersebut lebih menggugah selera.

 Udang Lumpia (S) - IDR 90,000

Lumpia Udang ukuran small ini terdiri dari 10 buah lumpia yang ukurannya lumayan besar. Rasanya sedap, sangat terasa udangnya, nikmat dimakan panas-panas dan dicocol ke sausnya.

Mie Goreng Haka (S) - IDR 50,000

Mie Goreng Haka ini porsinya terbilang cukup besar ukuran small, cukup untuk 5-6 orang. Rasanya juga enak, isinya ada seafood, telur, juga kucai. Tapi menurut saya untuk mie goreng, Sentral lebih enak.

 Chinese Tea - IDR 15,000

Menurut saya, dengan harga yang kurang lebih sama dengan restoran Chinese food sejenis, porsi yang ditawarkan Haka cenderung lebih besar, rasa makanannyapun cukup memuaskan. Kekurangan Haka adalah interior dan designnya yang kurang up to date, namun walaupun begitu saya akan tetap kembali ke Haka untuk menikmati makanan-makanannya.

10.10.13

I'm blessed.

Post kali ini lagi kepengen cerita-cerita aja nih, udah lama kan ngga cerita-cerita di sini. Have you ever wish about something, but at the end you just give up about it, and all the sudden, your wish came true! Nah, itulah hal yang ingin saya bagikan.

The first one, kembali ke beberapa bulan lalu, siang yang cerah itu, pas saya lagi browsing-browsing, saya menemukan berita yang buat saya luar biasa (buat orang lain sih ngga), salah satu penyanyi favorit saya yaitu Tony Bennett bakal mengadakan konser di Jakarta pada tanggal 13 September 2013. Langsung donk saya kebat-kebit, nyari info soal tiket dan kawan-kawan. Dan saudara-saudara, tiket paling murah harganya IDR 1,65 juta, yang buat karyawan seperti saya jumlah segitu lumayan banget yah. Saya sempat berpikir, apapun yang terjadi saya harus nonton, masih ada beberapa bulan lagi. Saya berpikir bahwa rasanya sudah tidak mungkin Tony Bennett yang sudah berusia 87 tahun itu mengadakan konser sampai ke Indonesia, tapi nyatanya tiba-tiba dia datang tak diundang pulang tak diantar. Saya harus nonton!

Bulan demi bulan berlalu, dan ehm... rupiah demi rupiah raib entah ke mana sampai akhirnya saya galau akan fakta bahwa sepertinya saya tidak bisa menghadiri konser Tony Bennett. Sayapun berdoa yang menurut saya Tuhanpun malas mendengar doa macam ini, "Tuhan, seandainya saya bisa dapet tiket gratis...".

6 hari sebelum konser, di suatu Sabtu malam, saya sedang menunggu taksi seusai latihan choir di gereja, dan muncullah adik sepupu saya yang ternyata baru kelar rapat. Si adik baik hati inipun menawarkan tebengan kepada kakak sepupunya, jadilah malam itu saya pulang bareng dia. Topik demi topik pembicaraan terlintas, sampai pada akhirnya kami membahas tentang keinginan masing-masing, saya pengen banget nonton Tony Bennett, dia pengen banget nonton CN Blue (sepertinya generation gap-nya ketahuan banget yah). Malam itupun berlalu, juga malam-malam lainnya.

Nah saya ingat hari itu hari Rabu, seusai ikut kelas di gym, di hp saya ada message dari sepupu saya itu. Rupanya dia mengikuti kuis twitter oleh salah satu stasiun TV baru yang hadiahnya tiket konser Tony Bennett, namun tidak berhasil. Saya pikir, ya sudahlah, saya juga sudah berusaha merelakan konser itu. Keesokan harinya, sepupu saya kembali mengirim pesan ke saya, dia ikutan lagi kuis tersebut, dan kali ini dia menang saudara-saudara setelah mengirim jawaban sampai seratusan kali via twitter. Berita gembiranya, hadiah kuisnya itu dia persembahkan untuk saya.

Namun, kegembiraan itu berupa jadi resah dan gelisah, karena saat itu Kamis malam, dan konsernya Jumat malam, sementara sampai hari Jumat siangpun sepupu saya belum dihubungi soal pengambilan hadiah. Saya mulai harap-harap cemas, sepupu sayapun mencari tahu ke sana-sini, bahkan nomor telepon stasiun TV baru tersebut tidak berhasil dia temukan. Sempat dia mention ke pemenang lain, dan mereka bilang mereka langsung dihubungi seusai diumumkan menang. Saya mulai meredakan excitement saya untuk nonton. Akhirnya di twitter stasiun televisi tersebut dipost soal keterangan pengambilan hadiah, di mana tiket tersebut harus diambil sebelum jam 4 sore. Sayapun langsung meluncur ke kantor televisi tersebut seusai makan siang, bermodalkan printan KTP saudara saya.

Saya menghampiri resepsionis stasiun televisi tersebut, menyampaikan maksud saya untuk mengambil hadiah kuis, dan saya disuruh menunggu. 5 menit, 10 menit, 15 menit, belum ada yang menghampiri saya. Akhirnya setelah 20 menit, ada juga yang menghampiri saya, dan tiketpun berhasil saya pegang. Wuaaaahhh! Last minute ticket! Lebih luar biasanya, tadinya saya mau membeli tiket Silver, tapi yang saya dapat tiket Gold. God is good! Akhirnya saya bisa mencoret satu hal di bucket list saya 'To watch Tony Bennet's concert'.

Oke ternyata panjang yah baru cerita pertama. Mari kita lanjut ke cerita kedua.

Saya punya keinginan untuk bisa travelling ke luar negeri, at least 2 kali dalam 1 tahun. Dalam 2 tahun belakangan, keinginan itupun tercapai, walau perginya dekat-dekat dan beberapa kali ke negara yang sama. 3 tahun berturut-turut saya mengunjungi Singapore, dan untuk tahun ini, saya pikir no more Singapore, I should save money, apalagi SGD semakin melonjak nilai tukarnya. Kalau ke negara lain, rasa-rasanya akan lebih mahal lagi, ya sudah, kubur saja keinginan untuk ke luar negeri lagi tahun ini, cukup 1 kali.

Sekitar sebulan lalu, atau mungkin tidak sampai, saya melihat informasi bahwa salah satu website portal makanan mengadakan campaign untuk mengumpulkan poin dengan cara mereview restoran, di mana nantinya member dengan poin tertinggi akan memenangkan hadiah untuk travelling ke Hong Kong. Tanpa banyak berpikir, sayapun mendaftar dalam kategori blogger, bisa dilihat di sini keterangannya. Singkat cerita, saya menang! I'm going to Hong Kong!

From these stories, people might say that I'm lucky, but I prefer to say that I am blessed. Saya selalu percaya, bahwa Tuhan mempunyai cara yang unik dan berbeda untuk memberkati setiap individu, seperti tertulis dalam Alkitab: However, as it is written: “What no eye has seen,what no ear has heard, and what no human mind has conceived”— the things God has prepared for those who love him— 1 Corinthians 2 : 9. Satu hal yang penting, jangan lupa untuk mengucap syukur ketika kita telah menerima berkat itu.

There, I've told you my stories. Be grateful always and have a blessed day readers :)

1.10.13

Marché


Marché merupakan restoran asal Swiss yang bisa kita temukan di berbagai belahan dunia. Restoran dengan ciri khas sapi hijau di depan restoran ini menyatakan bahwa makanan yang mereka sajikan selalu fresh, healthy, and fast. Marché yang saya kunjungi kali ini adalah yang berada di Grand Indonesia, tepatnya di depan dancing fountain.


Begitu masuk ke Marché, kita akan diberikan kartu yang akan mencatat semua pesanan kita, yang nantinya digunakan untuk pembayaran di kasir. Di Marché, kita dapat menemukan beberapa station makanan seperti salad, pasta, pizza, vegetable dan lainnya, di mana kita memesan langsung makanan yang kita inginkan di station tersebut.

Marché menganut sistem self service, di mana setelah memesan, nantinya kita harus mengambil sendiri pesanan kita serta cutlery yand disediakan. Dapat kita lihat kurang lebih interior di Marché Grand Indonesia melalui gambar di bawah ini.



Dan di bawah ini adalah beberapa menu yang saya coba pada kunjungan terakhir saya di Marché:

Lunch Special - Mixed Salad + Drink - IDR 55,000 +

Pada waktu kunjungan saya, sedang ada promo Lunch Special dengan menu Mixed Salad, di mana dalam menu ini sudah termasuk satu gelas minuman. Untuk menu Mixed Salad, kita dapat mengambil sendiri (sekali ambil) berbagai salad yang tersedia di station tersebut, dan jadilah sepiring penuh salad seperti gambar di atas. Mulai dari sayur-sayuran, jamur, sampai curry potato dapat kita ambil sepuasnya. Sayur-sayurannya fresh, rasanya juga enak, ditambah segelas Ice Lemon Tea, I think this package is a real good deal.

Ice Lemon Tea (Lunch Package)

Grilled Chicken Leg - IDR 45,000 +
Baked Potato - IDR 17,000+

Grilled Chicken Leg pesanan saya berukuran besar, dan terpanggang sempurna. Dagingnya lembut dan banyak. Sebagai pendampingnya, saya memesan Baked Potato yang dilengkapi dengan sour cream serta daun bawang, yum! Grilled Chicken Leg dan Baked Potato tersebut merupakan pasangan serasi yang berhasil membuat saya jadi kenyang super!

Plain Rösti - IDR 35,000 +

Rösti merupakan makanan khas Swiss yang terbuat dari parutan kentang. Di Marché, ada beberapa pilihan penyajian Rösti, tidak hanya yang polos seperti Plain Rösti ini, ada juga yang disajikan dengan telur dan daging. Di Swiss, menu ini lazim disajikan sebagai menu sarapan , kurang lebih rasanya seperti hash brown.

Selesai menikmati makanan, barulah kita membayarkan harga makanan yang terekam di dalam guest card. 


Walaupun cukup pricey, menurut saya kualitas makanan yang disajikan Marché sebanding dengan harganya. Marché could be a nice option for lunch or dinner with friends or family. En Guete! :)

-------
Marché
Grand Indonesia, Level 3A - Entertainment District, West Mall
Jl. MH. Thamrin No.1
Jakarta
Tel. (021) 2358 1127

Marche Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Pieces of My Blog

review (333) food (322) seafood (99) Central Jakarta (87) chicken (80) rice (79) pork (76) noodle (67) South Jakarta (64) travel (64) beef (62) indonesian cuisine (62) japanese cuisine (62) West Jakarta (58) desserts (55) dessert (52) italian cuisine (51) cake (48) chinese cuisine (47) pasta (47) daily (43) Grand Indonesia (32) soup (32) american cuisine (30) North Jakarta (27) ice cream (27) korean cuisine (27) family (26) chit chat (25) PIK (21) salad (21) miscellaneous (20) thoughts (20) Central Park (19) burger (19) pizza (19) dim sum (18) steak (18) japan (17) friends (16) South Korea (15) japan trip (15) kway teow (15) Plaza Indonesia (14) backpacker jepang (14) biaya ke jepang (14) duck (14) jalan-jalan jepang (14) jepang (14) persiapan ke jepang (13) sushi (13) thai cuisine (13) indian cuisine (12) singapore cuisine (12) french cuisine (11) hotel (11) yogyakarta (11) Pacific Place (10) singapore (10) ramen (9) senopati (9) Seoul (8) all you can eat (8) chocolate (8) coffee shop (8) doodling (8) fine dining (8) kopitiam (8) tex-mex cuisine (8) Gandaria City (7) Puri Indah (7) Serpong (7) event (7) fashion (7) milk tea (7) Mal Puri Indah (6) Taman Anggrek (6) brunch (6) pastry (6) scbd (6) tea (6) thamrin (6) Hong Kong (5) Taman Ratu (5) backpacker korea (5) lamb (5) looklet (5) malaysia (5) mocktail (5) osaka (5) sashimi (5) thailand (5) tokyo (5) travel korea (5) Kota Kasablanka (4) coffee (4) dutch cuisine (4) gapyeong (4) itinerary korea (4) kyoto (4) malaysian cuisine (4) meatball (4) mexican cuisine (4) phuket (4) sandwich (4) snack (4) vegetarian (4) Alam Sutera (3) Citywalk Sudirman (3) Jeju (3) Lotte Shopping Avenue (3) Mangga Besar (3) Muara Karang (3) Plaza Senayan (3) Senayan City (3) Setiabudi One (3) biaya korea (3) bsd (3) buffet (3) cocktail (3) curhat colongan (3) curry (3) fast food (3) jalan-jalan korea (3) menteng (3) mobile apps (3) peranakan cuisine (3) porridge (3) prayers (3) spanish cuisine (3) sudirman (3) theme park (3) Gatot Subroto (2) Panglima Polim (2) Sabang (2) Taiwanese Cuisine (2) bsd city (2) busan (2) delivery (2) disneyland (2) feed (2) foie gras (2) fruit (2) german cuisine (2) green ville (2) idol (2) ismaya (2) jalan panjang (2) karawaci (2) martabak (2) mood (2) mushroom (2) music (2) petite france (2) photoraphy (2) ramadhan (2) rooftop (2) satay (2) shabu-shabu (2) sky dining (2) smoothies (2) supermarket (2) tangerang (2) tempura (2) the breeze (2) visit korea (2) wine (2) Bogor (1) Cisarua (1) FX (1) Femina (1) Femina FoodLovers (1) For Sale (1) Hajime Ramen House (1) Juanda (1) Kuningan (1) Kuningan City (1) Living World (1) MKG (1) Mal Ciputra (1) PX Pavilion (1) Pesanggrahan (1) Sentul (1) Slipi (1) Tangerang Selatan (1) Tebet Green (1) World Street Food Congress 2013 (1) aeon mall (1) airasia jepang (1) alcohol (1) art (1) asisten pribadi (1) autumn in japan (1) backpacker ke korea (1) bakso (1) bandung (1) bangkok (1) bar (1) beach (1) belgian cuisine (1) best ramen Jakarta (1) bintaro (1) bread (1) breakfast (1) british cuisine (1) bubur ayam (1) buka puasa (1) cake shop (1) celebrity chef (1) cheap eats korea (1) chicken rice (1) christmas (1) citos (1) comfort food (1) cookies (1) croissant (1) de ritz building (1) disneysea (1) diy (1) doraemon (1) dotonbori (1) dream (1) emporium pluit (1) fall in japan (1) fish (1) foliage (1) food bazaar (1) food court (1) fujiko f. fujio (1) fusion (1) garden korea (1) gelato (1) gion (1) gotemba (1) gotemba premium outlet (1) gusung macan (1) gwangali (1) haeundae (1) high tea (1) home-made cuisine (1) hotdog (1) htiachi seaside park (1) intiland tower (1) itinerary jepang (1) japan trip 2017 (1) jepang mahal (1) jogja (1) juice (1) kawasaki (1) kebayoran (1) kelapa gading (1) kemang (1) kemayoran (1) kempinski (1) kepulauan seribu (1) kiyomizu dera (1) korail pass (1) kushiyaki (1) lighting festival (1) lippo mall kemang (1) lippo mall puri (1) makan apa di myeongdong (1) makan murah di korea (1) mal kelapa gading (1) mandarin oriental (1) membabibuta (1) middle eastern cuisine (1) midplaza (1) milkshake (1) moroccan cuisine (1) mutton (1) myeongdong (1) myeongdong food guide (1) nami island (1) nara (1) one belpark (1) pancake (1) pembuatan visa korea selatan (1) penang (1) pengajuan visa korea (1) persiapan jepang (1) persiapan ke korea (1) pho (1) pim (1) pondok indah (1) por que no (1) portugese cuisine (1) pulau balik layar (1) pulau bulat (1) pulau gosong (1) pulau harapan (1) pulau macan (1) pulau perak (1) radio dalam (1) ramen Jakarta (1) ramen PIK (1) recipe (1) restoran myeongdong (1) roxy (1) running man haha restaurant (1) sausage (1) sekapur sirih (1) sekosani (1) semanggi (1) seoul food guide (1) set menu (1) shinsaibashi suji (1) shirakawa go (1) shopping (1) sogo (1) sop buntut (1) stea (1) steak ramen (1) street food (1) suki (1) sundanese food (1) sunday brunch (1) swiss cuisine (1) takayama (1) the garden of morning calm (1) tips (1) toast (1) tokyo disneyland (1) transportasi jepang (1) transportasi korea (1) turkey (1) turkish cuisine (1) tv (1) udon (1) umeda (1) universal studios (1) valentine (1) vegan (1) venison (1) vietnamese cuisine (1) visa jepang (1) visa korea ditolak (1) waffle (1) warisan kuliner (1) wedding venue (1) winter in japan (1) wolter monginsidi (1) yakiniku (1) yanaka ginza (1) yesboss (1)