Pages

23.5.13

South Korea Trip Part 3 - Day 2: Seoul to Jeju-do...

Setelah menghabiskan malam dengan tidur nyenyak, we're so ready for day 2! Sedikit penampakan bagian depan dari Stay In Gam hostel yang juga sekaligus merupakan sebuah restoran bernama Miru bisa dilihat dari gambar di atas. Free breakfast yang disediakan Stay In Gam adalah bread & jam, scrambled egg, ham, cereal, susu, kopi, teh, juga jus jeruk. Sehabis mengisi perut, perjalanan pun kembali dimulai.

Pagi itu, menyusuri jalan yang teduh di samping tembok Jongmyo Shrine yang memang sangat dekat dari hostel kami melangkahkan kaki kami di bawah pepohonan (kedengaran romantis gak sih?)

Di tengah perjalanan, ada sebuah kedai makanan yang menggoda iman, sebuah kedai yang menjual odeng! Oh, I just love odeng. Odeng merupakan fish cake yang dilipat dan ditusukkan ke skewer, disajikan dengah kuah kaldu yang panas dan nikmat. Perfect snack for a cold weather! Sepotongnya dijual si Ahjumma seharga KRW 700.

Perjalanan dilanjutkan ke Gwanjang Market, sebuah pasar yang juga terkenal di kalangan turis. Tujuan kami ke sini bukan untuk belanja tapinya, melainkan untuk icip-icip makanan (perasaan dari tadi makan mulu). Ada 1 bagian dari Gwanjang Market ini yang isinya makanan semua, dan akhirnya kamipun mampir dan duduk setelah dipanggil-panggiil si tante penjual, selain karena makanannya menggoda iman.

Makanan yang dijual di stand ini tidak hanya satu jenis saja, melainkan bermacam-macam, dari kimbap, japchae, sundae, teokbokki, odeng, dan lainnya. Di tempat ini kami mencoba tteokbokki dan japchae-nya. Tteokbokkinya berukuran besar-besar seperti pempek, berupa kue beras dengan saos pedas, rasanya pun seperti pempek rebus. Untuk yang tidak suka pedas mungkin akan terlalu panas di lidah, tapi bagi yang suka pedas tidak ada masalah. Bahkan makan tteokbokki saja juga dikasih kimchi untuk side dish, namun sampai hari ini, saya belum menyukai kimchi. Japchae merupakan mie ala Korea yang terbuat dari sweet potato, dimasak dengan sayuran dan minyak wijen. Memang makanan Korea ini banyak sekali menggunakan wijen, namun di situ letak nikmatnya, saya sangat suka japchae-nya. Baik tteokbokki maupun japchae harganya sama-sama KRW 3000, karena porsinya lumayan, dan kami hanya icip-icip, 1 porsi tteokbokki dan 1 porsi japchae cukup untuk berempat.

Sudah cukupkah cicip-cicip kami di Gwanjang Market? Tentu belum, memang dasar perutnya karet semua (at least three out of four). Karena saya baca bahwa Gwanjang Market juga terkenal akan bindaetteok (mung bean pancake), jadilah saya mencari penjual bindaetteok. Ternyata di suatu area terdapat banyak penjual bindaetteok, seperti gambar di bawah ini.

Kembali kami memesan *ehem* cemilan. Bindaetteok yang masi panas dipotong 4, dan disajikan dengan kecap dan bawang bombay sebagai pendamping. Rasanya seperti kentang sebenarnya, dan saya paling suka bagian pinggirnya yang crispy. Konon, bindaetteok merupakan teman minum makgeolli (rice wine) yang sempurna.

Selesai nyemil pagi itu, kami mengarah kembali ke arah hostel, kali itu kami memilih berjalan lewat bawah, yaitu di sepanjang Cheonggyecheon Stream. Waktu yang paling baik untuk sdihabiskan di Cheonggyecheon Stream saya rasa adalah sore hari, karena teduh, apalagi sambil duduk-duduk, bawa cemilan, menikmati udara sore dan menikmati pemandangan yang ada.

Dari situ, kami menuju ke Changdeokgung. Tiket masuk ke Changdeokgung ini juga sama KRW 3000 seperti Gyeongbokgung. Changdeokgung juga merupakan istana yang dibangun pada era Joseon Dynasty dan katanya merupakan istana yang paling terawat dari Five Grand Palaces yang tersisa.

Setelah jalan-jalan singkat dari pagi menjelang siang, kamipun harus segera kembali mengambil koper di hostel dan berangkat menuju ke Gimpo Airport. Karena koper-koper kami yang besar akan sulit dibawa kalau naik turun tangga, kamipun mau tidak mau menggunakan taksi ke Gimpo Airport, dengan harga yang cukup mahal KRW 50,000.

Sesampainya di Gimpo, ternyata Ahjussi Driver salah menurunkan kami di International Departure. Untungnya ada shuttle bus ke Domestic Departure, dan sampailah kami di Domestic Departure dan bisa check in. Oh iya, waktu berangkat dari Jakarta, ketika ditimbang dengan timbangan rumah, kira-kira berat koper saya sekitar 15kg-an, namun di airport ditimbang menjadi 11kg-an, saya tidak tahu mana yang salah. Dan ternyata ketika ditimbang di sini, benar saja berat koper saya 16kg, dan maksimal free baggage untuk Eastar Jet adalah 15kg. Jadi dari total koper kami kelebihan sekitar 2kg. Untungnya masih bisa mengeluarkan beberapa barang untuk taruh di cabin, jadi kami tidak perlu membayar excess baggage, walaupun sebenarnya tidak terlalu mahal juga biaya untuk membayar kelebihannya, yaitu KRW 2000 per-kg.

Walau sudah makan sepanjang pagi menjelang siang, ketika sudah melewati jam lunch perut kami lapar kembali. Flight-nya jam 16.10 dan saat itu masi sekitar jam 3 kurang, setelah melihat-lihat, kamipun akhirnya memutuskan makan di Biz Snack.

Makanan saya adalah Cheese Tonkatsu seharga KRW 8,500, yang berupa pork katsu dengan mozarella di dalamnya, disajikan dengan nasi, salad, dan pickled yellow radish. Ukurannya lumayan besar dan rasanya yummy! Teman saya yang lain memesan bibimpap yang merupakan nasi campur ala Korea, berupa nasi, sayur-sayuran, telur yang diaduk kesemuanya dengan gochujang (chilli paste khas Korea).

Waktu terbang tiba, dan duduk manislah kami di pesawat bernomor ZE 221 dengan tujuan Jeju. Pesawat Eastar Jet ini merupakan pesawat kecil dengan seat 2-2. Di penerbangan kami diberikan segelas orange juice, lumayan untuk menahan haus selama perjalanan yang hanya sejaman.

Kami tiba di Jeju sekitar jam 5.15 sore, lalu mengambil baggage dan keluar dari airport untuk naik bus. Walau sempat nyasar karena orang-orang lokal di dalam bus sulit berbahasa Inggris, dan akhirnya kami kelewatan tempat tujuan, namun akhirnya setelah beberapa saat mencari, kami menemukan tempat tinggal kami selama di Jeju yaitu Sum Guesthouse yang lokasinya dekat dengan airport. Kenapa kali ini saya memilih lokasi dekat airport? Karena setelah mencari-cari dan contact-contactan dengan ownernya, saya paling sreg dengan Sum Guesthouse ini, dan juga karena saya hendak menggunakan jasa tour dari guesthouse ini juga. And Sum Guesthouse is definitely the right choice! Why? Selain dari harga, tournya juga sangat menyenangkan (please wait for the next post for more stories).

Setelah beberes dan mandi, kamipun menunggu sang owner datang untuk diskusi soal tour keesokan harinya.  Setelah itu, kamipun meminta masukan tempat dinner karena sudah jam 9 malam dan perut juga mulai meronta. Karena saya baca bahwa black pig merupakan Jeju's specialty, sayapun menanyakan tempat makan black pig, dan sampailah kami setelah berjalan sekitar 10-15 menit ke 7 Don Ga. Jeju di malam hari sangat sepi dan tenang. Harga daging dari black pig ini jauh lebih mahal dari pork lainnya, kami memesan 3 porsi daging untuk kami berempat seharga KRW 66,000. Saya pun sempat kagum melihat daging yang disajikan di atas grill, karena sangat tebal dan besar, dan banchan-pun disajikan disekelilingnya.

Di sini sistemnya bukan masak sendiri, melainkan seorang imo (aunt) membantu kami, dan semua meja yang lain. Si imo bolak balik dari satu meja ke meja yang lain mengecek daging di atas panggangan, kalau dagingnya sudah matang, langsung dia taruhkan di atas mangkuk nasi kami, kalau ada sedikit dari daging yang gosong, langsung dipotong gosongannya, dan dia terus berbicara dalam bahasa Korea, dan kamipun hanya mengangguk-angguk walau tidak mengerti, yang saya mengerti hanya ketika dia menanyakan "massiesoyo?" yang artinya delicious, atau ketika dia bilang yang artinya kira-kira begini "yang ini sudah bisa dimakan..". Saus khususnya juga ikut dipanggang di atas grill.

Kata teman saya, muka saya sudah mupeng maksimal ketika melihat daging-daging di hadapan saya. Memang saya terpesona dengan pemandangan daging-daging yang terpanggang indah tersebut (sambil ngetik ini saja saya drooling kembali). Dan ketika mencicipi dagingnya, memang luar biasa si black pig ini. Dagingnya tebal, tidak bau, dan sangat nikmat! The best pork I've eaten in my life. Si black pig ini nikmatnya sampai ke lemak-lemaknya, biasa lemak dari pork lain itu agak bau dan bikin eneg, but this fat pops and melts in your mouth!

Walaupun seharusnya makannya ala Korea, yaitu dibungkus daun, ditambah side dishes, dan dimasukkan ke mulut, tetap saja saya yang tidak suka dedaunan ini lebih suka makan tanpa daun. Cukup dengan nasi dan banchannya saja. Oh black pig, aku padamu (so sorry for the readers who don't consume pork, saya terlalu terpesona dan menjadi seperti ini).

After the super dinner, we got back to the guesthouse, and our second night in South Korea ended under the blue night of Jeju Island.

-------
KRW 1 ± IDR 9

SOUTH KOREA TRIP SERIES
[2013]

Pieces of My Blog

review (334) food (322) seafood (99) Central Jakarta (87) chicken (80) rice (79) pork (76) travel (69) japanese cuisine (67) noodle (67) South Jakarta (64) indonesian cuisine (62) beef (61) West Jakarta (58) desserts (55) dessert (52) italian cuisine (51) cake (48) chinese cuisine (47) pasta (47) japan (33) Grand Indonesia (32) daily (32) soup (32) american cuisine (30) North Jakarta (27) ice cream (27) korean cuisine (27) japan trip (26) PIK (21) salad (20) Central Park (19) burger (19) dim sum (19) jalan-jalan jepang (19) miscellaneous (19) pizza (19) steak (18) thoughts (18) South Korea (15) backpacker jepang (15) biaya ke jepang (15) kway teow (15) Plaza Indonesia (14) duck (14) jepang (14) thai cuisine (14) yogyakarta (14) hotel (13) persiapan ke jepang (13) sushi (13) indian cuisine (12) ramen (12) singapore cuisine (12) french cuisine (11) family (10) singapore (10) Pacific Place (9) coffee shop (9) friends (9) japan trip 2019 (9) senopati (9) Seoul (8) all you can eat (8) autumn in japan (8) chocolate (8) doodling (8) fine dining (8) kopitiam (8) tex-mex cuisine (8) Gandaria City (7) Puri Indah (7) Serpong (7) event (7) fashion (7) hokkaido (7) milk tea (7) osaka (7) tokyo (7) Hong Kong (6) Mal Puri Indah (6) Taman Anggrek (6) brunch (6) pastry (6) scbd (6) tea (6) thailand (6) thamrin (6) Taman Ratu (5) backpacker korea (5) fall in japan (5) japan trip 2017 (5) kyoto (5) lamb (5) looklet (5) malaysia (5) mocktail (5) sashimi (5) travel korea (5) Kota Kasablanka (4) Plaza Senayan (4) coffee (4) dutch cuisine (4) gapyeong (4) itinerary korea (4) japan trip budget (4) malaysian cuisine (4) meatball (4) mexican cuisine (4) phuket (4) sandwich (4) snack (4) vegetarian (4) Alam Sutera (3) Citywalk Sudirman (3) Jeju (3) Lotte Shopping Avenue (3) Mangga Besar (3) Muara Karang (3) Senayan City (3) Setiabudi One (3) biaya korea (3) bsd (3) buffet (3) cocktail (3) curhat colongan (3) curry (3) disneyland (3) fast food (3) itinerary jepang (3) jalan-jalan korea (3) menteng (3) mobile apps (3) peranakan cuisine (3) porridge (3) sapporo (3) spanish cuisine (3) sudirman (3) theme park (3) Gatot Subroto (2) Panglima Polim (2) Sabang (2) Taiwanese Cuisine (2) bangkok (2) biei (2) bsd city (2) busan (2) delivery (2) feed (2) foie gras (2) fruit (2) furano (2) german cuisine (2) green ville (2) hakodate (2) hokkaido rail pass (2) idol (2) ismaya (2) jalan panjang (2) jogja (2) karawaci (2) martabak (2) mood (2) mushroom (2) music (2) otaru (2) pembuatan visa korea selatan (2) petite france (2) photoraphy (2) ramadhan (2) rooftop (2) satay (2) shabu-shabu (2) shirakawa go (2) sky dining (2) smoothies (2) supermarket (2) tangerang (2) tempura (2) the breeze (2) transportasi jepang (2) visa jepang (2) visa korea ditolak (2) visit korea (2) wine (2) yokohama (2) Bogor (1) Cisarua (1) FX (1) Femina (1) Femina FoodLovers (1) For Sale (1) Hajime Ramen House (1) Juanda (1) Kuningan (1) Kuningan City (1) Living World (1) MKG (1) Mal Ciputra (1) PX Pavilion (1) Pesanggrahan (1) Sentul (1) Slipi (1) Tangerang Selatan (1) Tebet Green (1) World Street Food Congress 2013 (1) aeon mall (1) airasia jepang (1) airport (1) alcohol (1) art (1) asakusa (1) asisten pribadi (1) backpacker ke korea (1) bakso (1) bandung (1) bar (1) beach (1) belgian cuisine (1) best ramen Jakarta (1) bintaro (1) bread (1) breakfast (1) british cuisine (1) bubur ayam (1) buka puasa (1) cake shop (1) celebrity chef (1) cheap eats korea (1) chicken rice (1) christmas (1) citos (1) comfort food (1) cookies (1) croissant (1) de ritz building (1) disneysea (1) diy (1) doraemon (1) dotonbori (1) emporium pluit (1) fish (1) foliage (1) food bazaar (1) food court (1) fuglen (1) fujiko f. fujio (1) fusion (1) garden korea (1) gelato (1) gion (1) gotemba (1) gotemba premium outlet (1) gusung macan (1) gwangali (1) haeundae (1) hakone (1) high tea (1) home-made cuisine (1) hotdog (1) htiachi seaside park (1) intiland tower (1) jepang mahal (1) jr pass (1) juice (1) kawasaki (1) kebayoran (1) kelapa gading (1) kemang (1) kemayoran (1) kempinski (1) kepulauan seribu (1) kiyomizu dera (1) korail pass (1) kushiyaki (1) lake toya (1) lighting festival (1) lippo mall kemang (1) lippo mall puri (1) macau (1) makan apa di myeongdong (1) makan murah di korea (1) mal kelapa gading (1) mandarin oriental (1) meguro (1) membabibuta (1) middle eastern cuisine (1) midplaza (1) milkshake (1) moroccan cuisine (1) mutton (1) myeongdong (1) myeongdong food guide (1) nami island (1) nara (1) one belpark (1) pancake (1) penang (1) pengajuan visa korea (1) persiapan jepang (1) persiapan ke korea (1) pho (1) pim (1) pondok indah (1) por que no (1) portugese cuisine (1) prayers (1) promo (1) pulau balik layar (1) pulau bulat (1) pulau gosong (1) pulau harapan (1) pulau macan (1) pulau perak (1) radio dalam (1) ramen Jakarta (1) ramen PIK (1) recipe (1) restoran myeongdong (1) roxy (1) running man haha restaurant (1) sausage (1) sekapur sirih (1) sekosani (1) semanggi (1) seoul food guide (1) set menu (1) shinsaibashi suji (1) shopping (1) sogo (1) sop buntut (1) starbucks (1) starbucks reserve (1) stea (1) steak ramen (1) street food (1) suki (1) sundanese food (1) sunday brunch (1) swiss cuisine (1) takayama (1) the garden of morning calm (1) tips (1) toast (1) tokyo disneyland (1) toyako (1) transportasi korea (1) traveloka (1) turkey (1) turkish cuisine (1) tv (1) udon (1) umeda (1) universal studios (1) valentine (1) vegan (1) venison (1) vietnamese cuisine (1) voucher (1) waffle (1) warisan kuliner (1) wedding venue (1) winter in japan (1) wolter monginsidi (1) yanaka ginza (1) yesboss (1)